Cara Pasang AC Tanpa Bobok Tembok

cara pasang ac tanpa bobok tembok

Cara pasang AC tanpa bobok tembok. Cuaca ekstrim akibat global warming mengakibatkan masyarakat memanfaatkan pendingin ruangan (Air Conditioner/AC). Di Indonesia sendiri merek AC seperti sharp, LG, Samsung, daikin, Panasonic, Gree, Changhong, dan Midea bisa kita temukan di toko elektronik terdekat. Hal ini artinya penggunaan AC di Indonesia terus mengalami peningkatan. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan penggunaan AC di Indonesia tiap tahunnya meningkat sebut saja Nusa Tenggara Barat dari 10,31% pada tahun 2013 menjadi 32,36% di tahun 2017 pengguna.
Penggunaan AC memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang sekadar ingin merasakan suasana sejuk, ada juga yang menyukai suhu yang dingin. Kondisi ruangan yang lembab, kurang udara, kurang sinar matahari dan panas juga menjadi alasan menggunakan AC. Selain itu Manfaat AC yang mendinginkan ruangan, AC juga memiliki filter anti jamur dan membersihkan udara dari polutan asap dan bau. Bahkan AC juga ramah dan perlu kita gunakan bagi penderita alergi maupun mereka yang memiliki gangguan pernafasan.

Cara Pasang AC Tanpa Bobok Tembok

Untuk memasang AC di rumah kita bisa mengerjakannya sendiri atau minta bantuan teknisi. Tentu untuk memanggil teknisi anda harus menyiapkan sejumlah biaya pemasangan. Nah jika anda tertarik untuk memasang sendiri, maka ada cara yang dapat anda terapkan.
Yuk disimak cara pasang ac tanpa bobok tembok berikut:
1. Pastikan terlebih dahulu posisi AC yang anda inginkan. Dianjurkan memposisikan AC tidak di atas jendela, pintu dan juga tidak langsung mengenai badan demi kesehatan
2. Tentukan titik pemasangan bracket dengan jarak dari plafon 15-20 cm untuk memastikan sirkulasi udara tetap lancer
3. Ukur kemiringan indoor untuk pembuangan minimal 1 cm
4. Pasang bracket dengan menggunakan pisir
5. Pasang indoor AC
6. Lakukan instalasi kabel untuk sambungan listrik
7. Lubangi plafon untuk tempat lewat pipa yang menghubungan indoor dan outdoor
8. Merekatkan pipa dan kabel menggunakan isolasi, namun perhatikan tidak terlalu kencang
9. Sambungan pipa dari indoor ke outdoor
10.Lanjutkan dengan melakukan vacuum pada pipa dan indoor. Pastikan kunci L di outdoor tertutup
11.Vakum mingga di suhu -30̊ c
12.Buka semua kunci L dan lakukan mengetes AC dengan menyalakan AC

Hal Harus Kita Perhatikan Saat Pemasangan AC

Ac biasanya kita pasang di kamar. Namun, ruang tamu juga memerlukan sentuhan kenyamanan dengan pendingin ruangan. Selain itu, Untuk memastikan posisi AC di ruang tamu benar simak beberapa hal berikut.
Pastikan ukuran tamu anda terlebih dahulu. Hitunglah kebutuhan PK sesuai dengan ukuran ruang. Misalnya ukuran 4×4,5 meter cukup menggunakan AC 1 PK, ukuran 2×4 meter AC ½ PK sudah cukup.
Jika ruang tamu anda menggunakan model mezzanine maka perlu memperhitungkan untuk menggunakan 2 AC, 1 di lantai bawah, dan lagi di lantai mezanin.
Posisi AC split di pasang di tembok bagian atas dengan jarak dari plafon 20-25 cm
Pastikan aarah hembusan AC tidak mengenai langsung sofa. Sebaiknya di atas sofa agar tidak langsung mengenai badan tamu atau orang yang duduk di ruang tamu.
Hindari memasang AC di atas jendela atau pintu. Posisi ini selain memiliki nilai estetika yang kurang, hembusan dingin dari AC akan terpengaruh saat jendela atau pintu dibuka
Pastikan tegangan listrik di rumah mencukupi.
Perhatikan kabel dan pipa pembuangan AC . Untuk memberikan nilai estetika yang bagus sebaiknya kabel dan pipa dipasang di plafon langsung menuju luar ruangan.
Jika anda membutuhkan pemasangan atau service AC di Bali, hubungi GUT’s AC di 0812-3456-5016. Atau anda bisa mengunjungi website kami untuk mengenal kami lebih baik lagi.

Hubungi Kami